February 26, 2020

Tips Membangun Usaha Jualan Helm Dan Jenis-Jenis Helm Yang Ada Di Pasaran

Bisnis jualan helm memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Peluang jenis bisnis ini sangat lebar dan bisa menghasilkan keuntungan dengan jumlah besar. Apalagi bisnis jual beli helm ini juga termasuk cukup mudah dibangun.

Seperti yang kita tahu, helm adalah barang wajib yang harus dikenakan saat bepergian mengendarai sepeda motor. Pengguna motor yang semakin meningkat dari waktu ke waktu ternyata juga membuka peluang usaha jual helm. Pasalnya semakin bertambah pengendara motor maka semakin tinggi pula kebutuhan helm.

Tips Membangun Usaha Jual Beli Helm

pexels.com

Pertumbuhan bisnis jual beli helm sekarang ini terus mengalami peningkatan. Itulah kenapa bisnis ini patut dipertimbangkan untuk coba digeluti. Bagi Anda yang tertarik membangun usaha jual beli helm, berikut tips yang perlu diperhatikan:

  1. Perhitungkan Modal Awal

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis helm terbilang cukup besar. Anda akan butuh dana untuk membeli stok helm untuk dijual serta perabotan untuk perlengkapan toko. Belum lagi biaya operasional bulanan yang bisa mencapai jutaan rupiah. Perhitungkan biaya untuk semua hal ini dari awal agar Anda tidak kewalahan mengatur keuangan saat bisnis telah berjalan.

  1. Ketahui Spesifikasi Helm

Sebagai penjual helm, Anda harus mengetahui detail spesifikasi helm. Mulai dari jenis, model, desain, fungsi dan kegunaan serta keunggulan dan keunikan helm. Dengan mengetahui spesifikasi helm, Anda akan lebih mudah melakukan promosi sekaligus mempengaruhi konsumen untuk mau membeli.

  1. Pilih Supplier Terpercaya

Carilah supplier yang menyediakan helm kualitas bagus dengan harga bersaing. Selain itu, sebaiknya pilih supplier yang bisa diajak kerjasama mengembangkan bisnis jual helm Anda. Untuk medapatkan supplier helm terpercaya, Anda bisa mendatangi distributor produk helm secara langsung.

  1. Perhatikan Laporan Keuangan

Dalam menjalankan suatu usaha, laporan keuangan meliputi catatan pemasukan dan pengeluaran usaha sangat penting diperhatikan. Termasuk juga dalam bisnis jual beli helm. Bagi Anda yang masih pemula, hal ini mungkin dirasa cukup sulit. Untuk itu, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir agar lebih mudah mengatur dan mengawasi keuangan usaha Anda.

  1. Tetapkan Harga Terjangkau

Perlu diingat bahwa pesaing bisnis Anda tidaklah sedikit, ada banyak toko lain yang juga menjual helm. Oleh sebab itu Anda harus berani bersaing dengan memainkan harga. Jangan terlalu terpaku untuk mendapat keuntungan besar dari penjualan dengan harga mahal. Harga terlalu mahal justru akan membuat orang enggan membeli helm di tempat Anda.

  1. Lakukan Pengembangan Bisnis Online

Agar usaha jual beli helm Anda semakin maju, tidak ada salahnya untuk Anda mengembangkan usaha menjadi bisnis online. Anda bisa melakukan pemasaran atau promosi dengan memasang iklan di media sosial atau situs online lainnya. Dengan begitu, jangkauan pasar Anda dapat menjadi lebih luas.

Macam-Macam Jenis Helm dan Spesifikasinya

pexels.com

Ketika menjual suatu barang, Anda tentu harus tahu dan paham mengenai apa yang Anda jual. Hal ini juga berlaku bila Anda menjual helm, tujuannya agar konsumen puas dengan helm yang dibeli dan pelayanan yang diberikan. Nah, berikut jenis-jenis helm yang perlu Anda ketahui jika ingin jualan helm:

  1. Helm Cetok

Bentuk helm ini hanya menempel di kepala sehingga hanya melindungi kepala bagian paling atas. Namun dengan bentuk yang sederhana ini, Anda bisa melihat dan mendengar dengan mudah. Helm cetok tidak mampu memberi proteksi yang baik terhadap kepala sehingga tidak dianjurkan dipakai.

  1. Helm Half Face

Merupakan jenis helm yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, helm half face memberi proteksi yang lebih baik dibanding helm cetok. Helm ini juga mudah dilepas pakai dengan bagian mulut tidak tertutup. Material yang dipakai cukup kuat terhadap benturan serta dilengkapi busa di bagian dalam. Helm half face cocok dipakai untuk segala jenis motor.

  1. Helm Open Face

Dari segi bentuknya, helm ini hampir sama dengan helm half face, hanya saja tanpa visor yang terinstal di batok helmnya. Yang menarik dari jenis helm ini adalah adanya motif dan aksesoris yang beragam. Helm open face paling cocok dipakai dengan motor klasik baik matic maupun manual.

  1. Helm Full Face

Dari segi proteksi, helm jenis ini mampu melindungi semua bagian kepala hingga dagu. Sangat cocok untuk digunakan saat berkendara jauh touring motor atau ngebut dengan kecepatan tinggi. Pasalnya helm full face dapat melindungi wajah dan kepala dari debu, kerikil, air hujan dan benda lainnya.

  1. Helm Modular

Helm ini bisa dikatakan sebagai kombinasi antara helm half face dan full face, jadi akan cocok dipakai di dua waktu berbeda. Untuk tingkat keamanan, jenis helm modular ini hampir sama dengan helm full face.

Jenis-jenis helm ini harus Anda ketahui jika ingin membangun usaha jualan helm yang sukses. Karena dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan kegiatan promosi dan juga membuat konsumen merasa senang saat membeli helm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *