November 17, 2019

Tips Memilih Wallpaper Dinding Kamar

Kamar merupakan tempat dimana Anda beristirahat, bersantai, hingga menonton televisi. Karena sangat personal, maka tentunya kamar mesti didesain dengan sangat apik. Nah salah satu cara paling efektif untuk merefleksikan sisi personal Anda yaitu lewat wallpaper dinding kamar. Ya, wallpaper merupakan item dekorasi paling murah dan paling efektif dalam mengubah ruangan menjadi lebih keren.

Karena kamar merupakan tempat yang paling sakral di rumah, maka penting sekali untuk memilih wallpaper yang paling tepat. Ada banyak sekali wallpaper yang bisa Anda temukan di pasaran, lalu bagaimana cara Anda memilih yang paling tepat? Jangan khawatir, berikut ini Anda akan menemukan beberapa tips memilih wallpaper dinding kamar yang paling tepat!

pexels.com
  • Wallpaper dengan Gambar atau Motif Bunga

Wallpaper dengan gambar atau motif bunga dapat memberi kesan nyaman pada kamar dan bisa cocok untuk semua skema warna. Nah ada banyak sekali pilihan wallpaper bunga ini, mulai dari wallpaper bunga klasik hingga wallpaper bunga modern dengan gambar bunga tiga dimensi. Untuk wallpaper bunga, sebaiknya hanya gunakan satu jenis wallpaper saja. Karena jika Anda menggunakan beberapa jenis wallpaper, maka polanya akan kelihatan terlalu ramai.

Namun perlu Anda ketahui, wallpaper motif bunga ini efek visualnya sangat kuat, sehingga Anda mesti lebih selektif dalam memilih motif bunga yang paling tepat. Jika Anda tidak memasang wallpaper secara keseluruhan di dinding kamar, maka pastikan warnanya sama dengan latar belakang. Atau jika tidak sama ‘pun setidaknya tidak terlalu kontras.

pexels.com
  • Wallpaper Berpola

Penampilan dinding kamar dapat terlihat lebih menakjubkan dengan wallpaper berpola. Ya, lewat garis atau figur yang berulang-ulang, dinding kamar terlihat lebih menarik dan tidak terkesan asal-asalan. Nah Anda bisa semakin mendramatiskan ruangan dengan menempatkan beberapa lampu kaca di dekat wallpaper.

Semburat cahaya yang menyebar di permukaan wallpaper terlihat sangat magis. Tak hanya itu, Anda ‘pun bisa menempelkan beberapa bingkai foto atau wallpaper mini di permukaan wallpaper utama. Salah satu jenis wallpaper berpola yang paling banyak digunakan yaitu wallpaper dengan tema bajak laut.

  • Wallpaper Motif Garis-garis

Agar dinding kamar terlihat lebih elegan, Anda bisa memasang wallpaper dengan motif garis-garis atau pinstripes. Anda bisa memasang wallpaper motif garis-garis ini di atas kepala ranjang. Ya, wallpaper pinstripes ini sangat cocok dijadikan latar belakang. Anda ‘pun bisa memasang wallpaper pinstripes ini di area samping kamar, dimana Anda bisa memberi beberapa akses seperti bingkai foto, cermin dekoratif, poster, dan lainnya.

Namun seperti biasa, pilihlah pola warna yang cocok dengan desain kamar secara keseluruhan. Jika Anda menyukai style modern, Anda bisa memilih garis-garis berwarna hitam putih atau warna monokrom lainnya. O ya Anda ‘pun bisa menempel stiker kartun, hewan, ataupun figur-figur lucu lainnya di atas wallpaper motif garis-garis ini.

  • Wallpaper Custom

Jika Anda ingin penampilan dinding kamar yang lebih spefisik, maka Anda bisa menggunakan wallpaper custom. Ya, Anda bisa mendesain sendiri gambar atau motif pada wallpaper dengan menggunakan software desain. Tak perlu membuat wallpaper untuk keseluruhan ruangan, karena Anda ‘pun bisa membuat dan memasang beberapa wallpaper di kamar. Ya, wallpaper satuan ini juga disebut dengan poster. Make custom poster ini sangatlah mudah, Anda tinggal mencari gambar, desain, atau motif yang Anda inginkan di internet. Dengan poster custom, kamar ‘pun terasa lebih personal karena Anda sendiri yang mendesainnya.

pexels.com
  • Wallpaper dengan Gambar Ala Cat Air

Agar dinding kamar terlihat lebih eksentrik, Anda bisa memasang wallpaper dengan gambar ala cat air. Ya, wallpaper jenis ini terlihat seperti lukisan sehingga efek visual dan seninya sangat kuat. Anda tak perlu membeli lukisan asli yang harganya puluhan juta.

Tak hanya itu, Anda bisa memasang replika lukisan ini di seluruh permukaan dinding kamar sehingga menciptakan efek dramatis pada kamar. Wallpaper dengan gambar abstrak sangat cocok diaplikasikan di kamar dengan style modern kontemporer. Tak hanya itu, jenis wallpaper satu ini juga cocok untuk kamar dengan style klasik.

Nah itulah beberapa tips memilih wallpaper dinding kamar, semoga bermanfaat ya. Tak dapat dipungkiri bahwa wallpaper merupakan hiasan dinding yang paling efektif dan efisien dalam merubah presentasi kamar. Namun sebelum Anda memasang wallpaper di kamar, ada baiknya Anda melalukan pengetesan terlebih dahulu. Anda tinggal meminta sampel wallpaper pada penjual wallpaper lalu coba pasang dulu di dinding kamar. Jika cocok, maka Anda bisa menggunakannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *