November 29, 2022

Waspadai Beberapa Efek Samping Kunyit Putih

Kunyit putih merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kunyit putih adalah untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, anti bakteri, dan mencegah kanker. Oleh karena itu, ada banyak orang yang mengkonsumsi kunyit putih sebagai obat tradisional. Akan tetapi, konsumsi kunyit putih secara berlebihan tentu akan memberikan efek samping bagi tubuh. Hal ini dikarenakan respon tubuh setiap orang berbeda. Sehingga, akan muncul efek samping yang timbul akibat konsumsi kunyit putih.

Salah satu efek samping yang muncul akibat konsumsi kunyit putih secara berlebihan adalah iritasi pada sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan kunyit putih memiliki sifat asam. Sehingga, kunyit putih bisa memicu produksi asam lambung yang berlebih. Efek samping lain yang bisa ditimbulkan dari konsumsi kunyit putih yang berlebih adalah batu ginjal. Mengapa? Salah satu senyawa yang terkandung dalam kunyit putih adalah oksalat. Senyawa ini akan sulit untuk diproses ginjal sehingga mampu mengendap ginjal. Akibatnya, terjadi batu ginjal yang menjadi salah satu gangguan kesehatan serius.

Efek samping lainnya yang bisa timbul karena konsumsi berlebih kunyit putih adalah sakit kepala dan mual. Biasanya, seseorang akan merasa mual atau sakit kepala jika kunyit putih yang dikonsumsi lebih dari 450 mg. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin mengkonsumsi kunyit putih untuk tujuan pengobatan atau bumbu masakan sebaiknya dilakukan dengan dosis yang tidak berlebih.